Senin, 24 September 2007

solusi pemanasan global


Andrew Wangsa
13007015
Solusi untuk pemanasan global

Akhir-akhir ini, kita sering membaca berita,menonton televisi ,atau mendengar radio tentang berita-berita yang berkaitan dengan kondisi Indonesia saat ini yang masuk “Guinness World Of Record” sebagai salah 1 penghabis hutan terbesar dan tercepat. Tentunya,hal ini tidak bisa kita banggakan bersama. Reputasi ini justru sebaiknya kita hindari,karena itu berarti kita turut terlibat dalam pemanasan global yang akhir-akhir ini menjadi isu internasional,karena berbahaya pada kelangsungan bumi kita ini.Oleh karena itu,kita harus bekerja sama untuk menjaga Bumi kita ini. Berikut,akan saya cantumkan beberapa solusi yang mungkin bisa membantu.

Mengurangi emisi buang secara signifikan.
Salah satu penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca,yang salah satu penyebabnya adalah gas-gas beracun sisa pembakaran kendaraan bermotor yang emisi buangnya belum terkontrol. Jadi sebaiknya kendaraan bermotor yang ada saat ini mengikuti uji emisi yang sering dilakukan beberapa pihak dan bagi pihak yang akan memiliki kendaraan bermotor, pilihlah kendaraan yang ramah lingkungan.

Mengurangi penggunaan energi secara berlebihan.
Di samping karena emisi gas buang. Ada fakta lain yang berhubungan dengan pemanasan global,yakni penggunaan energi yang berlebihan,entah itu dari konsumsi pabrik,atau dari yang lain. Karena salah 1 efek samping penggunaan energi adalah zat-zat sisa yang bisa mengakibatkan efek rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Maka ayo kita hemat penggunaan energi dan mari kita menggunakan sumber energi alternatif,seperti solar cell,yang tentunya akan dapat membantu mengurangi pembuangan zat-zat sisa hasil yang berbahaya.

Perluasan hutan
Hal ini jelas sangat penting untuk menanggulangi pemanasan global karena tumbuhan dapat melakukan sintesa untuk merubah zat-zat yang menimbulkan pemanasan global di sekeliling kita untuk jadi zat-zat yang tidak mempunyai efek negatif lagi. Tentunya selain itu,dengan banyaknya hutan,maka penyerapan air hujan akan lebih baik dan dapat menurunkan suhu di permukaan bumi.

Penggunaan teknologi yang maju.
Seperti kita ketahui,di beberapa negara maju,telah digunakan teknologi maju untuk mengurangi pemanasan global,yang bersifat ramah lingkungan dan juga bermanfaat dalam kehidupan manusia. Hal ini ditunjang oleh kesadaran masyarakat di negara tersebutyang memahami betapa pentingnya menjaga kondisi bumi ini. Jadi sebenarnya,perbaikan kondisi ini tentu tak lepas dari peran serta masyarakat dan juga kesadaran masyarakat itu sendiri.


Mungkin beberapa solusi di atas dapat membantu kita menanggulangi masalah pemanasan global yang terjadi di bumi kita ini. Semoga kita semua dapat belajar bersama dan dapat menjaga bumi kita bersama.

Tidak ada komentar: