Senin, 01 Oktober 2007

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENANGANI PEMANASAN GLOBAL?

Vipassi
13007091

Judul di atas tentunya menjadi suatu pertanyaan yang nantinya akan dibahas pada Konferensi yang diadakan oleh UNFCCC (United Nation Framework Convention on Climate Changes) di Denpasar, Bali, 3 sampai 14 Desember 2007 nanti. Sementara bumi semakin panas dan iklimnya semakin tidak teratur, harus ada suatu cara yang dapat mengurangi atau setidaknya menahan pemanasan global tersebut.
Menurut saya, ada beberapa cara yang terlihat sederhana, tapi cukup membawa pengaruh terhadap pemanasan global. Beberapa cara tersebut antara lain: Menanam pohon di lahan kosong yang tersisa, pemberhentian deforestasi, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan memanfaatkan bahan bakar lainnya, dan memberdayakan sumber energi lainnya seperti angin dan sinar matahari. Berikut akan dibahas satu-persatu mengenai cara-cara tersebut.

Menanam pohon di lahan yang tersisa
Dengan semakin majunya dunia, lahan kosong pun semakin sedikit, malah yang terjadi adalah deforestasi dimana-mana di berbagai hutan di dunia. Kita tidak mungkin merobohkan perumahan atau gedung-gedung yang telah berdiri untuk menanam pohon. Yang dapat kita lakukan adalah menanam pohon di setiap lahan kosong yang tersisa, baik itu di halaman rumah atau di tempat lainnya. Dengan cara seperti itu, setidaknya kita dapat membantu mengurangi pemanasan global karena satu pohon dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Selain itu, pohon juga dapat mengendalikan kelembaban udara serta menyerap panas 8 kali lebih banyak.
Cara ini merupakan cara yang terbaik untuk Indonesia karena biayanya yang tidak terlalu mahal dan tidak membutuhkan teknologi yang tinggi.

Pemberhentian deforestasi
Deforestasi yang terjadi di dunia amat memprihatinkan. Sayangnya, kita tidak dapat membangun kembali hutan-hutan tersebut karena itu membutuhkan waktu yang lama. Yang dapat kita lakukan adalah mencegah jangan sampai terjadi deforestasi lebih lanjut. Beberapa caranya antara lain: memperketat pengawasan di daerah hutan, dan lebih menegakkan hukum tentang perhutanan.

Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggunakan bahan bakar lainnya
Saat ini, penggunaan bahan bakar terbesar justru berasal dari bahan bakar fosil yang menghasilkan gas-gas rumah kaca dalam jumlah besar. Oleh karena itu, kita harus mengupayakan agar pemakaian nahan bakar fosil dikurangi. Akan tetapi, setiap orang membutuhkan bahan bakar. Sehingga, harus ada alternatif bahan bakar yang lain yang dapat menggantikan bahan bakar fosil. Contohnya adalah etanol nabati. Bahan bakar ini merupakan bahan bakar yang dapat dibarukan dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sampai 90%.

Memberdayakan sumber energi lainnya
Untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, maka salah satu caranya adalah memberdayakan sumber energi lainnya yang tidak menghasilkan gas-gas rumah kaca seperti: tenaga angin dan surya. Selain itu, sumber energi tersebut merupakan sumber energi yang terbarukan, sehingga tidak akan habis terpakai.

Langkah-langkah diatas merupakan beberapa solusi yang dapat diterapkan dalam kehidupoan dunia. Tentunya masih banyak cara-cara lain untuk menangani pemanasan global. Tetapi kita harus dapat melihat cara tersebut dalam berbagai segi, agar tidak berbalik merugikan kita nantinya.

Tidak ada komentar: