Minggu, 30 September 2007

Global Warming dan Solusinya

NAMA: Brian Lee

NIM : 13007006

Global Warming dan Solusinya

Global warming adalah peningkatan suhu secara global dan ditandai oleh pergantian cuaca secara ekstrem, kenaikan ketinggian permukaan air laut, beberapa spesies punah, dan makin banyaknya peningkatan berbagai penyakit.

Global Warming disebabkan oleh konsentrasi CO2 yang terlalu banyak di udara. CO2 ini membentuk lapisan di udara atau atmosfer. Ini disebut greenhouse effect. Uap air adalah komponen terbanyak dari greenhouse effect, tetapi CO2 adalah yang paling berperan untuk menentukan green house effect. Sinar ultraviolet dan energi panas matahari yang masuk ke bumi akan sulit untuk keluar lagi. Akibatnya panas sinar matahari terperangkap dalam bumi atau tak bisa keluar karena lapisan ini menahannya. Akibatnya suhu bumi meningkat.

Konsentrasi CO2 di muka bumi ini meningkat drastis semenjak adanya revolusi industri. Revolusi Industri memberikan produktivitas pada manusia, tetapi juga membawa bencana pada manusia.

Solusi untuk mengatasi Global Warming belum ada. Global warming memang harus terjadi karena menurut hukum termodinamika III mengenai entropi absolute, bumi terus menerus menerima panas sehingga mengakibatkan bumi akan terus menyimpan panas tersebut. Akibatnya suhu bumi akan meningkat terus. Jadi, global warming tidak dapat dicegah.

Meskipun tidak dapat dicegah, global warming dapat diperlambat. Proses global warming dapat diperlambat dengan jalan mengurangi konsentrasi CO2. Beberapa tips mengatasi (memperlambat) global warming, seperti mengembangkan sikap hemat energi dan juga sekaligus teknologinya yang hemat energi, menggunakan suatu alat yang mengeluarkan emisi sedikit CO2, serta perbanyak hutan.

Sikap hemat energi dapat mengikis penggunaan energi yang tidak diperlukan. Salah satu teknologi yang hemat energi adalah lampu hemat energi. Pakailah lampu hemat energi sebisa mungkin. Selain itu, tidak menggunakan kendaraan bila tidak dalam keadaan mendesak (hemat bahan bakar karena bahan bakar paling banyak mengeluarkan CO2). Salah satu bahan bakar yang tidak mengeluarkan CO2 adalah hidrogen, karena hasil pembakaran hidrogen adalah air sehingga ramah lingkungan.

1 lagi cara memperlambat global warming adalah dengan memperbanyak hutan dan memperbaiki hutan yang sudah gundul. Hutan adalah kumpulan pohon dan pohon adalah kumpulan daun. Daun menggunakan sinar inframerah dan CO2 untuk fotosintesis menghasilkan O2, suatu gas yang diperlukan makhluk hidup. Ini berarti daun mengurangi konsentrasi gas CO2 yang berarti mengurangi konsentrasi CO2 dalam udara yang berarti memperlambat global warming.

Tidak ada komentar: