Senin, 01 Oktober 2007

Keputusan

PRAMADONA
13007080

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktifitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi. Jadi intinya Bumi kita memanas karena sinar matahari yang sudah masuk ke bumi kita tidak bisa keluar lagi karena gas-gas rumah kaca tadi membentuk lapisan di atmosfer yang memantulkan sinar matahari tadi. Pemanasan global sudah bukan menjadi isu lagi saat ini, pemanasan global sudah menjadi masalah yang harus kita hadapi atau kita pecahkan bersama.

Menurut saya, keputusan yang harus diambil pada Conference of Parties Ke-13 United Nation Framework Convention on Climate Change di Bali bulan Desember adalah :
1. Perlu diadakan kerja sama dengan industri-industri kendaraan bermotor untuk menetapkan suatu standardisasi produk mulai dari tingkat emisi CO2, efisiensi pembakaran bahan bakar, sehingga kadar CO2 di umi mengalami penurunan yang ekstrim.

2. Melindungi hutan untuk menghambat pelepasan polusi hasil industri yang menyebabkan pemanasan global. Semakin besar areal untuk hutan, semakin besar pula CO2 yang dapat diikat.

3. Mengurangi tingkat emisi CO2 yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil dengan mempertimbangkan penggunaan tenaga nuklir. Pemanfaatan pembangkit listrik tenaga nuklir bisa mengurangi gas buang CO2 hingga 98 % daripada meggunakan tenaga batubara. Limbah nuklir yang ditakuti berbahaya dapat diatasi dengan menimbunnya di dalam tanah. Hal ini sudah dipelajari selama 50 tahun dan dianggap aman.

Tidak ada komentar: