Selasa, 30 Oktober 2007

Pendapat Mengenai Konsep Manusia Ideal

MODEL IDEAL KEMANUSIAAN
TUGAS KONSEP TEKNOLOGI
STEPHANIE LIANA UTAMI SUTOKO
13007024
FTI-TEKNIK KIMIA


Manusia ideal adalah manusia yang dapat melaksanakan kewajiban dan mendapatkan haknya baik sebagai individu, anggota keluarga, anggota masyarakat, warga negara, umat beriman dan berbagai posisi di mana manusia dapat ditempatkan. Manusia ideal juga dapat memenuhi semua kebutuhannya baik materi, fisik maupun spiritual. Ia tidak kekurangan materi, fisiknya sehat dan hidup bahagia serta sejahtera dalam ukuran yang relatif setiap individu.
(pria 23 tahun)

Manusia ideal adalah manusia yang dapat berelasi dengan Tuhan secara baik yaitu memenuhi kewajiban sebagai umat beriman (beribadah dan berdoa dengan benar) dan mengikuti perintah dan menjauhi larangan-Nya dengan memaknai tidak hanya melaksanakannya. Manusia ideal juga harus dapat berelasi dengan sesama secara baik yaitu menghormati serta menghargai sesama, berkomunikasi dengan baik dan mengupayakan pelaksanaan ajaran agama terhadap sesama karena pada dasarnya semua ajaran agama mengajarkan yang baik tentang hubungan dengan Tuhan dan sesama. Tidak hanya kewajiban yang harus dilakukan tetapi manusia ideal juga akan mendapatkan haknya dalam relasinya dengan Tuhan dan sesama.
(wanita 49 tahun)

Manusia ideal adalah manusia yang dapat diterima di semua lapisan masyarakat (high, middle, and low level). Manusia yang dapat berkomunikasi secara logis dan santun dalam pengucapannya. Tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam berbuat sesuatu harus beretika dan mengetahui situasi. Manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan atau gagasan yang baik untuk tujuan yang baik pula dan terutama untuk kepentingan sesama, tidak mencelakakan atau merugikan orang lain. Serta manusia yang bertakwa kepada Tuhan.
(pria 51 tahun)

Manusia ideal adalah manusia yang mempunyai tujuan dalam hidupnya dan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya dan pada akhirnya sukses mencapai apa yang dia inginkan. Tujuan tersebut harus berorientasi pada kemajuan dirinya, menguntungkan bagi dirinya tetapi tidak merugikan atau menghalangi hak orang lain. Dalam pencapaian tujuan tersebut harus dengan usaha keras tidak dengan cara-cara licik yang menyusahkan orang lain. Manusia ideal juga harus mementingkan orang lain tidak hanya mementingkan diri sendiri.
(perempuan 18 tahun)

Sebagian besar, setiap individu (manusia) memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang manusia ideal. Dari pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa secara garis besar individu (manusia) cukup mengerti tentang konsep model ideal kemanusiaan multiskala (skala individu dan masyarakat menurut nilai dan upaya). ***

Tidak ada komentar: