Senin, 29 Oktober 2007

Pandangan Tentang Manusia Ideal

Nama : Budiman Santoso
NIM : 13007088
Tugas : Konsep Teknologi (TK10T1) – Konsep Manusia Ideal

Pendapat Mengenai Konsep Manusia Ideal

“Manusia yang ideal itu adalah manusia yang beriman dan peduli kepada sesamanya. Selain itu juga harus sehat, baik lahir maupun batinnya. Dalam arti dari segi fisik bukan merupakan manusia yang cacat dan sakit-sakitan, dan dari segi rohani merupakan manusia yang takut akan Tuhan.”
( Wanita, 31 tahun ) – Aspek yang disebutkan : Agama, IPTEK (badan), Sosial Politik, dan Budaya.

“Manusia ideal itu harus punya tujuan dan mimpi, dan dalam hidupnya ia harus berusaha mencapai tujuannya itu. Jadi ia hidup tidak seenaknya saja, tapi ia hidup seiring mewujudkan mimpi dan cita-citanya untuk mencapai kemapaman dalam segi materi maupun rohani.”
( Pria, 19 tahun ) - Aspek yang disebutkan : IPTEK (badan), Ekonomi, Agama

“Manusia yang baik itu seperti dokter, karena dokter sering menolong orang yang kesakitan.” ( Anak laki-laki, 10 tahun ) - Aspek yang disebutkan : IPTEK (badan), Budaya

“Manusia ideal itu yaitu orang yang selalu bisa mengatasi masalah apapun dan dalam hidupnya selalu merasa bahagia karena ia yakin bahwa Tuhan selalu menyertainya.”
( Wanita, 18 tahun ) - Aspek yang disebutkan : Agama, Sosial politik, IPTEK (badan)

Berdasarkan teori, urutan manusia ideal yakni:

Berdasarkan upaya:
1. IPTEK (badan)
2. Ekonomi
3. Sosial Politik
4. Budaya
5. Agama

Berdasarkan Nilai:
1. Agama
2. Budaya
3. Sosial Politik
4. Ekonomi
5. IPTEK (badan)

Analisis :

Dari hasil wawancara di atas dapat kita lihat bahwa aspek-aspek yang dibutuhkan manusia untuk mencapai ideal belum semuanya disebutkan oleh narasumber. Maka dari itu dapat kita simpulkan sebagian besar masyarakat belum mengerti konsep manusia ideal. Selain itu dapat kita lihat pula, semakin bertambah usia seseorang maka pengertian akan aspek-aspek yang dibutuhkannya untuk mencapai kehidupan ideal semakin banyak.

Tidak ada komentar: