Senin, 29 Oktober 2007

MANUSIA IDEAL

MANUSIA IDEAL
JUNIOR SETIAWAN - 13007054

Menurut saya, manusia ideal adalah manusia yang dapat menjalankan kehidupannya dan memaknainya dengan penuh rasa tanggung jawab. Maksud saya adalah manusia yang menyadari kebebasannya sebagai makhluk pribadi tetapi juga dapat menjalankan kebebasannya tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab. Artinya dalam menjalankan kegiatannya, ia tidak merugikan orang lain. Manusia ideal seharusnya memiliki kesadaran penuh bahwa setiap manusia memiliki hak dan kewajiban masing-masing yang harus dipenuhi. Selain itu manusia ideal adalah manusia yang memiliki pola pikir yang cerdas dan dewasa. Ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. (Wanita, usia 27 tahun)

Manusia ideal adalah manusia yang mampu menyikapi permasalahan hidupnya sebagai suatu hal yang harus diselesaikan, bukan dibuat berlarut-larut. Ia tahu batas-batas berperilaku dalam masyarakat. Selain itu, ia mampu menyesuaikan diri dengan masyarakat, dan manusia ideal biasanya mampu bersosialisasi dengan sekitarnya. Untuk menjadi manusia ideal, kita perlu banyak belajar. Belajar dari orang yang lebih berpengalaman, lalu belajar pada pengalaman, karena pengalaman adalah guru yang terbaik. (Wanita, usia 18 tahun)

Pada dasarnya, tidak ada satupun manusia ideal di dunia ini. Sepintar apapun dia, tetap saja memiliki kekurangan. Manusia diciptakan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang membedakannya dengan manusia lain. Oleh karena itu, kita harus mampu memahami perbedaan itu sebagai sesuatu yang mempersatukan, bukan menjauhkan. (Pria, usia 45 tahun)

Manusia ideal adalah suatu konsep manusia yang menjalankan kehidupan manusia yang semestinya. Untuk itu, diciptakan nilai dan norma sebagai suatu tolak ukur perbuatan manusia, untuk menilai mana yang benar dan mana yang salah. Setiap manusia memiliki kebebasan, dan kebebasan itu hendaknya dipertanggungjawabkan agar tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain. Konsep manusia ideal sesungguhnya tidak memiliki pengertian yang baku. (Pria, usia 31 tahun)

Kesimpulannya, setiap manusia memiliki persepsi sendiri-sendiri mengenai arti dan konsep manusia ideal. Pengertian manusia ideal tersebut terbatas pada pengetahuan dan pengalamannya. Dari narasumber di atas, dapat disimpulkan bahwa konsep manusia ideal dapat dimengerti dengan baik, baik ditinjau dari segi fisik dan segi moral.

Tidak ada komentar: