Senin, 01 Oktober 2007

Solusi Pemanasan Global

Andrew
13007019
TEKKIM


Planet bumi telah menghangat(dan juga mendingin)berkali-kali selama 4,65 miliar tahun sejarahnya. Bumi yang hangat itu memungkinkan untuk perkambangan mahluk hidup. Tapi ketika “hangat”itu berlebihan akibat gas rumah kaca,maka terjadilah global warming yang dampaknya diperkirakan amat serius.

Pada Conference of Parties Ke-13 United Nations Framework Convention on Climate Change, 3-14 Desember 2007 yang akan diadakan di Denpasar, Bali dihadiri oleh 189 negara. Dalam konferensi ini akan dibahas mengenai permasalahan global warming (pemanasan global).

Menurut saya keputusan yang perlu diambil dalam konferensi ini adalah:
1. Mengurangi kedua sumber utama penghasil gas rumah kaca,misalnya,mengurangi pembakaran bahan bakar fosil(menghemat listrik, BBM, dan plastik) dan
2. Mencegah penggundulan hutan.
3. Menggalakkan pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Dari keputusan pertama itu kita perlu membuat solusi penggantinya seperti menggunakan nuklir sebagai langkah pragmatis, karena nuklir bisa mengurangi bahkan meniadakan pelepasan karbon ke udara,meski pasti sangat mengundang kontroversial. Juga mewajibkan di beberapa wilayah ramai penggunaan transportasi hijau dan penanaman pohon di wilayah-wilayah ramai kendaraan.

Pencegahan pengundulan hutan juga sangat perlu karena hutan itu merupakan paruparu dunia yang mendukung kehidupan manusia sendiri. Karena hutan adalah penghasil oksigen yang merupakan kunci kehidupan manusia. Kegiatan ini juga bisa dibantu oleh pemerintah dengan pengurangan penggunaan produk yang berbahan dasar kayu juga memberi bantuan dana pabrik-pabrik pendaur ulang dan juga mengutamakan organisasi peduli lingkungan seperti Greenpeace,WWF,Walhi,dsb.

Tidak ada komentar: