Senin, 01 Oktober 2007

Mengatasi Pemanasan Global

Tugas Konsep Teknologi

Rian Aditiana

NIM.13007087

Pemanasan global adalah suatu kejadian meningkatnya temperatur rata – rata di bumi. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida sebagai gas rumah kaca.

Dampak pemanasan global dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia di muka bumi. Dampak tersebut diantaranya dapat meningkatkan temperatur bumi, sehingga es di kutub utara akan mencair dan menyebabkan tinggi permukaan air laut meningkat yang pada akhirnya dapat menenggelamkan pulau – pulau. Selain itu, pemanasan global menyebabkan temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung meningkat atau dengan kata lain menyebabkan pola cuaca menjadi tidak terprediksi dan lebih ekstrim yang tentunya sangat merugikan manusia.

Lalu, bagaimana cara untuk mengtasi masalah ini? Langkah-langkah yang dilakukan saat ini tidak ada yang dapat mencegah pemanasan global di masa depan. Tantangan yang ada saat ini adalah mengatasi efek yang timbul sambil melakukan langkah-langkah untuk mencegah semakin berubahnya iklim di masa depan.

Saat ini, yang bisa kita lakukan adalah mencegah agar pemanasan global tidak terjadi dengan cepat. Ada dua pendekatan utama untuk memperlambat semakin bertambahnya gas rumah kaca. Pertama, mencegah karbondioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut.. Kedua, mengurangi produksi gas rumah kaca denagn cara mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor atau dengan penggunaan mesin yang ramah lingkungan ( Hybrid ).

Baru – baru ini, langkah positif dilakukan pemerintah Indonesia dengan berinisiatif membentuk Forestry Eight ( 8 negara pemilik hutan hujan tropis ). Maksud dari pembentukan kelompok ini adalah untuk menjaga kelestarian hutan sehingga dapat megurangi efek pemanasan global. Perlu diketahui bahwa 25 % masalah emisi global berasal dari masalah kehutanan dan 75% berasal dari emisi industri. Saat ini, Negara – Negara maju lebih memperhatikan masalah emisi industri, sehingga dapat dikatakan langkah yang ditempuh pemerintah Indonesia merupakan suatu terobosan baru guna mengatasi masalah pemanasan global.

Tidak ada komentar: