Selasa, 30 Oktober 2007

Manusia Ideal

Nama : Atyka Limiharja
NIM : 13007034
Tugas : Konsep Teknologi (TK10T1) – Konsep Manusia Ideal


Pendapat Mengenai Konsep Manusia Ideal

Manusia ideal itu, dari aspek fisik, beratnya sesuai dengan tingginya. Dilihat dari sifat, manusia ideal harus bisa saling peduli dan saling tolong-menolong. Dari segi religius, hidupnya berkisar antara bekerja dan berdoa. (wanita, 19 tahun)
Aspek yang disebutkan : IPTEK (badan), Budaya, Agama

Manusia ideal adalah manusia yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan sempurna, dengan wibawanya semuanya dapat dikendalikan, mempunyai kehidupan yang sejahtera, dan keluarga yang harmonis dan religius. (wanita, 46 tahun)
Aspek yang disebutkan : IPTEK (badan), Ekonomi, Budaya, Agama

Manusia ideal adalah manusia yang mengerti tentang kesusahan orang lain dan mau menolong sesama. Selain itu, manusia ideal tidak bersikap sewenang-wenang, penuh dengan welas asih, dan mapan dalam hidupnya. (pria, 51 tahun)
Aspek yang disebutkan : IPTEK (badan), Ekonomi, Sosial Politik, Budaya

Manusia ideal adalah manusia yang mempunyai relasi yang baik dengan orang lain. Selain itu, manusia ideal peduli akan orang lain dengan menyumbangkan dirinya ke komunitas. Manusia ideal juga percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, tidak bergantung pada diri sendiri, dan memiliki personality yang bagus serta ability yang mendukung. (pria, 25 tahun)
Aspek yang disebutkan : Sosial Politik, Budaya, Agama

Analisis :

Dari hasil wawancara di atas, kita dapat melihat bahwa narasumber belum menyebutkan semua aspek manusia ideal yang dibutuhkan. Setiap narasumber memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai konsep manusia ideal yang terbatas pada pengetahuan dan pengalamannya. Oleh karena itu, dapat kita lihat bahwa semakin tua, manusia semakin mengerti tentang konsep manusia ideal. Dan kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat sudah hampir mengerti tentang konsep manusia ideal.

Tidak ada komentar: